Minggu, 17 Mei 2015

TI dalam BK

DESAIN TAMPILAN BIMBINGAN

TUGAS
Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknologi Informasi dalam Bimbingan Konseling
Dosen: Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.

Description: D:\fd\Local Disk D buatan\makalah p.zainal\UNIPA.jpg

Disusun Oleh :
Nurliana Dewi        11-500-0050



UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
2015



DESAIN TAMPILAN BIMBINGAN

1.      Bidang Bimbingan                  : Pribadi dan Sosial
2.      Tema                                       : Gangguan Identitas Gender (Sex Educations)
3.      Tujuan                                    
a.      Tujuan Umum                   : Memiliki kemampuan dalam mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosial
b.      Tujuan Khusus                 : Membantu siswa agar dapat mengenal individu yang mengalami gangguan identitas gender dengan dapat menyebutkan ciri-ciri individu yang mengalami gangguan identitas gender, penyebab, dampak dan bagaimana perilaku individu yang mengalami gangguan identitas gender.
4.      Sasaran                                   : Siswa kelas VIII SMP
5.      Indikator                                 :
a.      Kognitif     :
·        Menjelaskan pengertian individu gangguan identitas gender.
·        Menyebutkan 3 ciri-ciri individu yang mengalami gangguan identitas gender
·        Menyebutkan 3 penyebab individu yang mengalami gangguan identitas gender
·        Menyebutkan 3 dampak apabila mengalami gangguan identitas gender
b.      Proses       :
·        Menyimak power point dan video
·        Dapat mengidentifikasi perilaku individu yang mengalami gangguan identitas gender
c.       Afektif      :
Jujur, tanggung jawab, disiplin, tegas, berani.
d.      Keterampilan Sosial :
Melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, berpendapat, kerjasama dan menjadi pendengar yang baik.



6.      Menyusun materi                  
a.      Langkah 1                                    :  siswa diarahkan untuk mengerti tentang individu yang mengalami gangguan identitas gender dengan mengarahkan siswa untuk menangkap setiap kejadian yang telah mereka alami di lingkungan sekitar mereka.
b.      Langkah 2                                    : siswa diarahkan untuk menyebutkan ciri, penyebab, dampak dan mengidentifikasi perilaku individu yang mengalami gangguan identitas gender.

7.      Daftar Pustaka : Nevid, Jeffrey. 2005. Psikologi Abnormal jilid 2. Jakarta: Erlangga.
8.      Alamat Blog   : nurlianadewi.blogspot.com


Materi:
Gangguan Identitas Gender adalah suatu gangguan dimana individu percaya bahwa anatomi gendernya tidak konsisten dengan identitas gendernya. Identitas gender adalah bagaimana seseorang merasa bahwa ia adalah seorang pria atau wanita.

Ciri-ciri individu yang mengalami gangguan identitas:
1. Sering berperilaku sebagai anggota gender lain
2. Berharap untuk hidup sebagai bagian dari gender lain
3. Perasaan tidak nyaman yang kuat dengan anatomi gendernya
4. Tidak ada kondisi inter-sex seperti anatomi seksual yang ambigu, yang mungkin membangkitkan perasaan tersebut
5. Identifikasi yang kuat terhadap gender lain.

Dampaknya:
1. Akan dikucilkan oleh orang-orang di lingkungan sekitar
2. Menjadi individu yang terisolir dari lingkungan sekitar jika individu tersebut tidak mudah untuk beradaptasi

Penyebabnya:
Sumber distress yang terus menerus dan intensif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar