MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
EDISI: 13 APRIL 2015
Identitas
Konseli
Nama : Ajeng Novitasari
Jenis Kelamin :
Perempuan
Kelas : XII
Status : Pelajar / Anak
Tunggal
Narasi
Seorang anak bernama Ajeng sedang
mengalami masalah dengan orangtuanya terutama dengan ibunya. Ibunya ingin Ajeng
kuliah di Jurusan Kedokteran karena ibunya ingin anak semata wayangnya menjadi
seorang dokter. Sedangkan Ajeng ingin kuliah di Jurusan Desain Komunikasi
Grafis. Perbedaan itulah yang membuat Ajeng menjadi bingung karena dia tidak
berani mengatakan maksudnya kepada ibunya, Ajeng selalu berfikir ibunya akan
merasa kecewa jika Ajeng tidak menuruti keinginan ibunya. Tetapi disisi lain, Ajeng
tidak nyaman apabila tidak bercerita tentang keinginannya tersebut.
Dari narasi di atas dapat dianalisa
bahwa ajeng sedang dalam kondisi akan menentukan jurusan dalam jenjang
Perguruan Tinggi. Disini Ajeng mempunyai pikiran negative kepada ibunya, karena
Ajeng takut ibunya akan kecewa dan marah jika Ajeng tetap masuk di Jurusan
Desain Komunikasi Grafis dan tidak menuruti ibunya untuk mengambil jurusan
Kedokteran. Ajeng sangat ingin mengatakan keinginannya kepada ibunya, namun
karena perasaan takut itulah yang menjadi Ajeng tidak tahu bagaimana cara
mengatakan hal tersebut kepada ibunya.
Disini saya sebagai konselor menggunakan
strategi konseling Restrukturing Kognitif, dimana strategi ini akan membantu
konseli dalam mengubah pikiran negative konseli menjadi lebih positif. Konseli
akan diminta untuk mengungkapkan pikiran-pikiran negatifnya, lalu konselor akan
memberikan aba-aba untuk berhenti. Selanjutnya konseli akan diminta mengubah
pikiran-pikiran negatifnya ke positif. Begitu dilakukan berulang kali sehingga
konseli dapat mereduksi pikiran negative dan rasa takutnya.
No.
|
Pelaku
Konseling
|
Dialog
|
Keterampilan
Dasar
Konseling
|
Keterangan
|
1.
|
Konseli
|
Selamat pagi bu..
|
Mengetuk pintu
|
|
Konselor
|
Selamat pagi Ajeng J
silahkan masuk
|
Acceptance
|
Bangkit dari tempat duduk dan menghampiri konseli
|
|
2.
|
Konseli
|
Terima kasih bu..
|
Berjalan masuk ke ruangan
|
|
Konselor
|
Mari silahkan duduk,
Mau duduk di depan meja saya atau di sofa?
|
Acceptance - Rapport
|
Menunjukkan konseli posisi tempat duduk
|
|
3.
|
Konseli
|
Di sofa saja bu..sepertinya lebih nyaman
|
Menunjuk dan berjalan kea rah sofa
|
|
Konselor
|
Baiklah mari silahkan duduk
|
Acceptance - Rapporrt
|
Berjalan mengikuti konseli
|
|
4.
|
Konseli
|
Ibu sibuk kah sekarang?
|
Tersenyum
|
|
Konselor
|
Tidak, ada apa ajeng? Apa ada yang bisa ibu bantu?
|
Acceptance
|
Tersenyum
|
|
5.
|
Konseli
|
Iya bu, saya lagi ada masalah bu…saya ingin cerita ke ibu
|
Menunduk
|
|
Konselor
|
Baik ajeng, maaf tapi sebelumnya apa posisi duduk ajeng sudah
benar-benar nyaman sekarang ?
|
Acceptance – Rapport
|
Tersenyum
|
|
6.
|
Konseli
|
Sudah bu
|
||
Konselor
|
Bagaimana dengan kondisi di ruangan ini? Apa ada yang membuatmu tidak
nyaman?
|
Rapport
|
Tersenyum
|
|
7.
|
Konseli
|
Tidak bu, cukup seperti ini saja.
|
Sambil melihat sekeliling
|
|
Konselor
|
Oke, ibu rasa memang lebih nyaman seperti ini.
Ajeng setelah ini apa ada jam pelajaran?
|
Rapport
|
Tersenyum
|
|
8.
|
Konseli
|
Sebenarnya ada sih bu..jam nya bu anik matematika tapi beliau ijin
tidak masuk hari ini.
Jadi cuma dikasih tugas aja.
|
||
Konselor
|
Ooo..begitu, lalu bagaimana dengan tugasnya apa ajeng sudah
mengerjakan tugasnya bu anik?
|
Pertanyaan terbuka
|
Tersenyum
|
|
9.
|
Konseli
|
Sudah kok bu..sudah saya kumpulkan juga kok ke ketua kelas.
|
||
Konselor
|
siip…baiklah kalau begitu, sekarang silahkan ceritakan apa tujuan ajeng
datang kemari?
|
Pertanyaan terbuka
|
||
10.
|
Konseli
|
Saya lagi punya masalah dengan ibu saya bu…
|
Menunduk
|
|
Konselor
|
Oke..baiklah sebelumnya apakah ajeng pernah mengikuti proses
konseling?
|
Leading / memimpin
Pertanyaan terbuka
|
||
11.
|
Konseli
|
Belum bu…ini baru pertama kalinya .
|
||
Konselor
|
Lalu, sebelumnya apa yang ajeng ketahui tentang BK?
|
Pertanyaan terbuka - leading
|
Tersenyum
|
|
12.
|
Konseli
|
Saya kurang tau, tapi beberapa waktu lalu teman saya setelah ke BK
masalahnya sudah selesai bu,,udah gitu aja sih bu..
|
||
Konselor
|
Baiklah, jadi begini ajeng disini ibu sebagai konselor sekolah
bertugas untuk memberikan layanan untuk membantu menyelesaikan masalah yang
dialami oleh siswa sendiri .
Jadi pada saat proses konseling nanti yang menyelesaikan masalah yang
dialami ajeng ialah ajeng sendiri.
|
Pemberian informasi- pernyataan professional
|
Tersenyum
|
|
13.
|
Konseli
|
Ooo…begitu toh..
|
||
Konselor
|
Iya ajeng..ibu hanya membantu ajeng saja disini.
Dan perlu ajeng ketahui juga, di dalam konseling ada asas
kerahasiaan. Jadi ajeng tidak perlu khawatir masalah ajeng akan diketahui
oleh orang lain, karena di dalam asas kerahasiaan ini yang mengetahui masalah
ajeng hanya ibu dan ajeng saja. Ibu tidak akan menceritakan masalah yang
dialami ajeng ke orang lain tanpa seijin dari ajeng. Seperti itu..bisa
dipahami ajeng?
|
Pemberian informasi
|
Tersenyum
|
|
14.
|
Konseli
|
Ya bu..saya paham
|
||
Konselor
|
Bagus kalau begitu. Nah selanjutnya pada pertemuan konseling ini
dibatasi oleh waktu sekitr 30-45menit, jika masalah yang dialami belum bisa
diatasi dalam 1 kali pertemuan, maka kita adakan pertemuan selanjutnya. Maka
dari itu kita manfaatkan pertemuan ini dengan baik.
Bisa dipahami ajeng?
|
Pemberian informasi
|
||
15.
|
Konseli
|
Iya bu…saya paham sekarang
|
||
Konselor
|
Baiklah..sekarang kembali ke masalah ajeng tadi.
Bisa diceritakan kembali apa yang ajeng rasakan sekarang?
|
Leading / memimpin
|
||
16.
|
Konseli
|
Begini bu, ibu saya ini ingin saya kuliah di jurusan kedokteran, tapi
saya pengen masuk ke jurusan DKV saya pengen jadi designer terkenal
bu..dengan bakat saya.
|
||
Konselor
|
Cita-citamu bagus nak..lalu yang menjadi kendala untuk ajeng apa?
|
Reward / penguatan
|
||
17.
|
Konseli
|
Saya tidak berani bicara pada ibu saya tentang keinginan saya
bu..karena ibu saya sangat ingin mewujudkan keinginannya.
|
||
Konselor
|
Hmm…. Lanjutkan nak..
|
|||
18.
|
Konseli
|
Saya takut ibu saya kecewa sama saya, tapi saya juga sangat ingin
mewujudkan cita-cita saya.
|
||
Konselor
|
Oooo…begitu, baik ibu coba simpulkan yaa..
|
|||
19.
|
Konseli
|
Iya bu..
|
||
Konselor
|
Saat ini ajeng ingin berbicara kepada ibu ajeng tentang keinginan ajeng
memilih jurusan design yang berbeda dengan keinginan ibu ajeng. Tapi ajeng
takut untuk berbicara kepada ibu ajeng Karena ajeng berfikir ibu ajeng akan
kecewa jika ajeng tidak menuruti apa kata beliau.
|
Merumuskan masalah
|
Tersenyum
|
|
20.
|
Konseli
|
Iya bu,.
|
||
Konselor
|
Baiklah..di dalam konseling terdapat beberapa tehnik untuk membantu
menyelesaikan masalah yang dialami konseli. Nah dalam permasalahan yang
dialami oleh ajeng tehnik yang cocok untuk menyelesaikan masalah ajeng ialah
tehnik Restrukturing Kognitif.
|
Pemilihan Strategi
|
Tersenyum
|
|
21.
|
Konseli
|
Restrukturing Kognitif itu apa bu?
|
||
Konselor
|
Strategi restructuring kognitif ialah salah satu strategi konseling
yang digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah konseling yang terkait
dengan pola pikir yang negative.
Nah, tadi ajeng kan mengatakan bahwa ajeng takut ibu ajeng kecewa
jika ajeng tidak menurut apa yang ibu ajeng inginkan.
Artinya, bahwa ajeng sudah berfikir negative terlebih dahulu padahal ajeng
belum pernah bertanya langsung pada ibu ajeng kan?
|
Rational Strategi
|
Tersenyum
|
|
22.
|
Konseli
|
Iya bu..benar
|
||
Konselor
|
Nahh.. dalam strategi Restrukturing Kognitif ini konseli akan diminta
untuk mengutarakan pikiran-pikiran negative yang selanjutnya akan diganti
dengan pikiran-pikiran yang lebih positif. Kemudian langkah-langkah yang
dilakukan adalah :
1. Ajeng
mengutarakan pikiran negative ajeng, kemudian saya akan menghentikan dengan
memberi aba-aba tepukan tangan. Setelah
itu ajeng harus menghentikan pikiran ajeng. Ini kita lakukan kurang lebih
3kali yaa…
2. Ajeng
mengutarakan pikiran negative ajeng dan kemudian ajeng sendiri yang
menghentikan pikiran negative ajeng dengan memberi tepukan. Ini dilakukan
kurang lebih 3 kali.
3. Ajeng
mengutarakan pikiran negative ajeng dan selanjutnya ajeng menghentikan
pikiran itu dengan tidak bertepuk tangan tetapi dengan menganggukkan kepala.
Ini dilakukan agar saya bisa tau kalau ajeng telah menghentikan pikiran
negative ajeng. Pada tahapan ketiga ini ajeng mencoba untuk merubah pikiran
negative itu menjadi lebih positif.
4. Ajeng
sebaiknya berlatih untuk mengganti pikiran negative tersebut menjadi lebih
positive.
Bisa dipahami ajeng?
|
Rational Strategi
|
Tersenyum
|
|
23.
|
Konseli
|
Ya bu saya paham
|
||
Konselor
|
Baik, rileks saja, kita akan segera mulai, apakah ajeng sudah siap?
|
|||
24.
|
Konseli
|
Iya siap bu..
|
||
Konselor
|
Baiklah, sekarang ungkapkan pikiran ajeng tentang ibu ajeng yang
terkait dengan masalah ajeng tadi.
|
Proses pelaksanaan strategi
|
||
25.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya tidak menuruti keinginannya.
|
||
Konselor
|
Baiklah. Langkah pertama, ajeng menyatakan pikiran negative yang
selanjutnya akan saya hentikan dengan memberikan tepuk tangan. Jika saya
sudah menepuk tangan, maka ajeng sebaiknya segera menghentikan pikiran
negative itu. Oke?
|
Proses pelaksanaan strategi tahap pertama.
|
||
26.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya tidak menuruti keinginannya.
|
Konseli berhenti
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Menepuk tangan
|
||
27.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya tidak menuruti
|
Konseli berhenti
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Menepuk tangan
|
||
28.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya
|
Konseli berhenti
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Menepuk tangan
|
||
29.
|
Konseli
|
Ibu saya akan
|
Konseli berhenti
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Bertepuk tangan
|
||
30.
|
Konselor
|
Baiklah, sepertinya ajeng sudah bisa menghentikan pikiran negative
ajeng setelah saya memberikan tepukan tangan.
Ingat, saya tadi menghentikan pikiran negative saat ajeng merasa
hebat, sekarang kita masuk tahapan kedua. Apa yang harus ajeng lakukan di tahap
kedua ini?
|
||
Konseli
|
Saya akan menghentikan pikiran negative saya dengan cara saya
sendiri. Saya akan menepukkan tangan saya saat saya menghentikan pikiran
negative saya bu…
|
|||
31.
|
Konselor
|
Bagus…bisa kita mulai sekarang
|
Proses tahap kedua
|
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya tidak menuruti keinginannya.
|
Konseli berhenti dan menepuk tangan
|
||
32.
|
Konselor
|
(diam)
|
Mengamati
|
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya tidak menuruti
|
Konseli berhenti dan menepuk tangan
|
||
33.
|
Konselor
|
(diam)
|
Mengamati
|
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya
|
Konseli berhenti dan menepuk tangan
|
||
34.
|
Konselor
|
(diam )
|
Mengamati
|
|
Konseli
|
Ibu saya akan
|
Konseli berhenti dan menepuk tangan
|
||
35.
|
Konseli
|
|||
Konselor
|
Baik, sepertinya ajeng sudah bisa mengatur pikiran negative ajeng
sendiri.
|
|||
36.
|
Konseli
|
Iya bu, saya lebih nyaman sekarang.
|
||
Konselor
|
Baiklah, masih ada 1 langkah lagi yang harus dilakukan
|
|||
37.
|
Konseli
|
Saya akan mengulang dan segera menghentikan pikiran negative dan
langsung merubah ke pikiran yang lebih positif
|
||
Konselor
|
Baik, lalu pikiran positif apa yang akan ajeng katakan?
|
|||
38.
|
Konseli
|
Ibu saya akan mendukung apapun keinginan baik saya untuk masa depan.
|
||
Konselor
|
Baiklah, ingat saat ajeng merubah pikiran itu, sebaiknya rasakan juga
emosimu yaa…
|
|||
39.
|
Konseli
|
Iya bu..
|
||
Konselor
|
Okee laksanakan
|
Proses tahap ketiga
|
||
40.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika tidak menuruti keinginannya
Ibu saya akan mendukung apapun keinginan baik saya untuk masa depan.
|
Konseli menepuk tangan
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Mengamati perilaku konseli
|
||
41.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya tidak menuruti
Ibu saya akan mendukung apapun keinginan baik saya untuk masa depan.
|
Konseli menepuk tangan
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Mengamati perilaku konseli
|
||
42.
|
Konseli
|
Ibu saya akan kecewa jika saya
Ibu saya akan mendukung apapun keinginan baik saya untuk masa depan.
|
Konseli menepuk tangan
|
|
Konselor
|
(diam)
|
Mengamati perilaku konseli
|
||
43.
|
Konseli
|
Ibu saya akan mendukung apapun keinginan baik saya di masa depan
|
Konseli menepuk tangan
|
|
Konselor
|
Cukup
|
Lead
|
||
44.
|
Konseli
|
Baiklah bu terima kasih
|
Menarik nafas panjang
|
|
konselor
|
Oke sekarang bagaimana yang ajeng rasakan saat ini?
|
|||
45.
|
Konseli
|
Saya merasa lebih tenang bu sekarang. Saya juga tidak takut lagi
untuk mengutarakan keinginan saya kepada ibu saya
|
||
Konselor
|
Oke bagus kalau begitu, sebaiknya ajeng sering berlatih sendiri di
rumah, agar apa yang kita lakukan barusan ini tidak hilang begitu saja.
|
Tersenyum
|
||
46.
|
Konseli
|
Iya bu..
|
||
Konselor
|
Oke tak terasa yaa pertemuan kita sudah hampir 45 menit. Sebelum kita
mengakhiri pertemuan hari ini, apa yang bisa ajeng simpulkan tentang
pertemuan kali ini?
|
Meringkas
|
Tersenyum
|
|
47.
|
Konseli
|
Saya berlatih mengubah pikiran negative saya menjadi lebih positif
dengan menggunakan strategi RK, dengan begitu saya tidak berfikir negative
lagi tentang ibu saya, dan saya akan segera menyampaikan keinginan saya.
|
||
Konselor
|
Bagus ajeng,,, terus berlatih yaa dan tetap berfikir positif. Jika ajeng
ada masalah lagi, jangan sungkan untuk datang kesini lagi..
|
Terminasi
|
||
48.
|
Konseli
|
Baik bu…terima kasih banyak yaa bu…
|
||
Konselor
|
Sama-sama ajeng
|
|||
49.
|
Konseli
|
Yasudah kalau begitu saya kembali ke kelas dulu ya bu.. sampai ketemu
lagi, selamat siang…
|
||
Konselor
|
Selamat siang…
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar